Objek, Kelas dan Instance (Instans)

Objek adalah kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata maupun yang tidak nyata seperti sistem atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi.
Contoh : kue, spidol, mobil, telepon dll.

Kelas adalah pemodelan dari objek yang berisi informasi (aturan) tentang sifat karakteristik (data) dan tingkah laku (metode) yang dimiliki oleh objek tersebut.
Contoh : resep kue, material spidol, dll.

Instance adalah perwujudan, dimana dalam istilah pemrograman, objek merupakan instans (perwujudan) dari suatu kelas. Instansiasi adalah proses perwujudan kelas menjadi objek. Biasanya dalam pemrograman Java menggunakan perintah new.

Hierarki Kelas

Suatu kelas dapat dibuat sebagai kelas yang benar-benar baru atau dapat dibentuk dari kelas yang sudah ada. Proses pembentukan kelas baru dari sebuah kelas yang sudah ada disebut sebagai pewarisan (inheritance).  Kelas yang menjadi basis bagi pembentukan kelas lainnya disebut kelas super. Sedangkan kelas yang terbentuk dinamakan kelas sub.
Proses pewarisan inilah yang akan membentuk hirarki kelas. Kelas yang terletak pada puncak hirarki disebut sebagai kelas abstrak. Dimana sifat dari kelas abstrak hanya berisi deskripsi data dan method yang sangat umum. Sehingga tidak mungkin diimplementasikan secara terperinci. Oleh karena itu kelas abstrak ini tidak dapat langsung di instansiasi menjadi objek.

Download : PBO TM-4

Leave a Reply

*

.: KalendeR :.
November 2018
S S R K J S M
« Apr    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930