TURBO C++

Merupakan kompiler C++ dengan IDE yang terintegrasi yang dikembangkan oleh Borland, terkenal karena kecepatannya dalam kompilasi dan linking. Produk ini merupakan bagian dari keluarga kompiler borland yang sangat populer termasuk Turbo Pascal, Turbo Basic, Turbo Prolog, dan Turbo C. Dibandingkan dengan perangkat lunak sejenis pada masa itu, Turbo C++ memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan yang lain. Turbo C++ membebaskan programmer dari keharusan menuliskan program yang rumit, sebab berbasis pemrograman berorientasi objek (OOP, Object Oriented Programming). Hal ini memungkinkan program lebih cepat dikembangkan.

C++

Sekilas Bahasa C

Tahun 1978, Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories mengembangkan bahasa B menjadi bahasa C (Bahasa B diciptakan oleh Ken Thompson tahun 1970).

Pada awalnya Bahasa C dioperasikan untuk sistem operasi UNIX dan merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah serta memiliki kemampuan lebih untuk membuat perangkat lunak. Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.

Mulai awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama, dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C. Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional.

Keistimewaan dari C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman yang berorientasi objek (OOP / Object Oriented Programming).

Tiga karakteristik utama dari bahasa yang berorientasi objek adalah :

  1. Encapsulation
  2. Inheritance
  3. Polymorphisme.

Download aplikasi Turbo C++ berikut ini : TURBO C++ 4.5  dan materi perkuliahan : TM-1

Leave a Reply

*

.: KalendeR :.
November 2018
S S R K J S M
« Apr    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930