BeritA

LCEN (Lomba Cipta Elektroteknik Nasional) ke XVIII telah di buka kembali.

Pendaftaran peserta di undur sampai tgl 17 Februari 2014.

lcen 2014-2222 revisi

Sampai saat ini belum ada kabar akan keikut sertaan dari mahasiswa/i UNAS.

Jika anda ingat ulasan LCEN tahun lalu, UNAS menempati peringkat ke-3. 

Akankah tahun ini UNAS tidak mengirimkan team?

Jakarta, 2013. Mahasiswa/i FTKI mencoba kembali mengukir prestasi. Masih ingat Perlombaan di ITS pada Mei lalu? Nurul Amalia Dewi dan Setia Sri Anggraeni.

2013-05-18 08.25.23

Kini kembali, tidak tanggung-tanggung seluruh Assistan Lab Perangkat Keras mengikuti PKM yang diselenggarakan oleh Dikti (Direktorat Jendral Perguruan Tinggi). Lab Perangkat Keras mengirimkan 3 Judul Proposal dalam PKM tahun ini. Yang dibimbing oleh M. Febriansyah, ST., MT. sebagai Kepala Lab Perangkat Keras. Judul-judul yang diajukan untuk PKM 2013/2014 antara lain :

  • PEMILIHAN UMUM MENGGUNAKAN ELEKTRONIK VOTING (E-VOTING)” oleh Fahri Maulana dan Nurul Amalia Dewi.
  • SISTEM REKAM MEDIS MENGGUNAKAN FINGER PRINT” oleh Setia Sri Anggraeni, Achmad Burhanuddin Zuhdi dan Boy Hermawan.
  • AIR AUTOMATIC LEVEL PENGENDALI DAN INDIKATOR CIRCUIT” oleh Satria Iskandar Siregar, Ahmad Faiz Rahman dan Muhammad Alkhadrie.

PKM

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yaitu PKM.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada awalnya, dikenal 5 (lima) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Sejak Januari 2009, DITLITABMAS mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasis¬wa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DITLITABMAS. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun dimuarakan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusi¬kan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.

Propolis adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah madu dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian dicampur dengan enzim tertentu dari dalam tubuhnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang.
Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke dalam sarang. Lebah menutupi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut seperti: ratu lebah, telur, larva lebah, madu, dan semua yang ada didalam sarang lebah madu dari serbuan kuman, virus atau bakteri.
Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.

Kegunaan Propolis bagi manusia adalah :
Suplementasi=mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh dan mengaktifkan Kelenjar thymus. Zat-zat tersebut adalah :

  1. Propolis mengandung semua Vitamin kecuali vitamin K.
  2. Propolis mengandung semua Mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
  3. Propolis mengandung 16 rantai Asam amino esensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.
  4. Propolis mengandung Bioflavanoid, yaitu zat antioksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

Pengobatan alami=mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Fungsi pengobatan meliputi hal-hal sebagai berikut :

  1. Propolis sebagai antibiotic alami, antiviral dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping.
  2. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya :thypus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.
  3. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya : demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.
  4. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya : eksim, panu, keputihan, kerombe dan sebagainya.
  5. Propolis sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya :maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka baker dan sebagainya.
  6. Propolis sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya : kanker tumor, mium, kista dan sebagainya.
  7. Propolis berfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi
  8. Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, misalnya : asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan sebagainya..
  9. Propolis juga penyembuh ajaib bagi penyakit seperti Tumor, jantung dan pembuluh darah, diabetes mellitus, ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.
  10. Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat
  11. Propolis meningkatkan System kekebalan tubuh

Pendapat para Ahli
John Diamond MD : Propolis mampu mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh.
Ray Kupinsel : Propolis sebagai anti biotik alami yang mampu melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping
Profesor Arnold Becket : Propolis mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.
Russia Research Team (Tim Riset Rusia) : Dalam propolis terdapat zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan.
Dr. Fang Chu (dokter di Lien Yu Kang Hospita Tiongkok) : propolis berguna untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan untuk penyakit jantung.
Lembaga Riset Kanker Columbia, 1991 : dalam propolis terdapat zat CAPE yang berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%.
Majalah anti biotik VP Kivalkina; propolis sangat efektif untuk infeksi tanpa batas kadaluarsa.

—– Original Message —–

From: Brian Sudirman

Sungguh menarik data yang dikemukakan oleh Dr. Tariq Al Swaidan, berikut ini :
Beliau menemukan sejumlah versi di dalam Al Quran yg menyebutkan satu persoalan yang sama dengan yang lainnya, misalnya laki2 sama denga wanita. Meskipun hal ini dipandang dari tata bahasa, namun fakta yang menakjubkan adalah bahwa kata laki2 dalam al-quran disebutkan sebanyak 24 kali dan wanita juga disebutkan 24 kali.
Susunan kata ini tidak hanya benar dalam nilai struktur bahasa, tapi juga menunjukkan kebenaran secara matematik, misal 24=24.

Berdasarkan analisis lebih mendalam dari beberapa versi, bahwa kejadian ini terlihat konsisten pada keseluruhan al-quran.
Lihatlah bukti yg menakjubkan dari jumlah kata2 dalam al-quran (versi bhs arab) berikut ini:

1. Dunia (kehidupan sekarang) disebutkan 115 kali. Akhirat( kehidupan setelah dunia ini) disebutkan 115 kali.
2. Malaikat 88 kali, syaitan 88 kali.
3. Kehidupan 145 kali, kematian 145 kali.
4. Kebaika n/manfaat 50 kali, jahat 50 kali.
5. Orang2 50 kali, nabi 50 kali.
6. Iblis(raja syaitan) 11 kali, menyelamatkan diri dari iblis 11 kali..
7. Musibah (bencana) 75 kali, syukur 75 kali.
8. Shodaqoh 75 kali, kepuasan 75 kali.
9. Orang2 yg tersesat 17 kali, syuhada 17 kali.
10. Muslimin 41 kali, jihad 41 kali.
11. Emas 8 kali, kehidupan yg mudah 8 kali.
12. Sihir 60 kali, fitnah 60 kali.
13. Zakat 32 kali, barokah 32 kali.
14. Pikiran 39 kali, cahaya 39 kali.
15. Lidah 25 kali, khotbah 25 kali.
16. Harapan 8 kali, ketakutan/kecemasan 8 kali.
17. Berbicara di depan publik 18 kali, pempublikasian 18 kali.
18. Penderitaan 114 kali, kesabaran 114 kali.
19. Muhammad 4 kali, syari’ah (ajaran rasululloh saw) 4 kali.
20. Laki2 24 kali, wanita 24 kali.

Dan yg cukup mengagumkan lagi, perhatikan berapa kali kata2 berikut terlihat:
1. SHALAT 5, BULAN 12, HARI 365
2. LAUT 32, TANAH 13 .

Jadi laut+darat = 32+13= 45
Laut = 32/45×100 = 71,1111111%
Tanah = 13/45×100% = 28,888889% .
Laut+tanah = 100%
Ilmu pengetahuan modern kini membuktikan bhw air meliputi 71,111% wilayah bumi, dan daratan menutupi 28,8889%.

SUBHANALLOH. … Mungkinkah itu merupakan suatu kebetulan?
Pertanyaannnya siapakah yg mengajarkan kepada rasul Muhammad akan semua ini?Tentu saja jawabnya ” Alloh swt yg mengajarkan semua ini kpd Muhammad SAW, sebagaimana alquran sudah mengajarkan kpd kita “

ASAP (As Soon As Possible)
Biasanya dipakai oleh atasan yang minta laporan dari bawahannya. Paling males dapet email yang subjectnya ASAP pake huruf gede. Biasanya laporan ini sifatnya dadakan bgt. Celakanya, bagi bawahan, laporan inilah yg biasanya paling lama dicuekin, alias gak diduga2 kalo sewaktu2 bos minta, walhasil..JEBRET! Lembur sampe pagi!

TENTATIVE
Kata sakti yang biasanya dipakai untuk menjelaskan sesuatu di masa depan yang kurang jelas menjadi lebih gak jelas. Apalagi kalo dalam suasana meeting yang udah sangat gak produktif dan super ngebosenin, kalo bisa semua keputusan bersifat tentative. Yang penting cepet pulang.

CONFIRM
Sebuah kata yang artinya suatu hal sudah bisa dipastikan.
contohnya:
“OK besok confirm miting jam 9!” kata si boss, atau
“Pak, gimana nasib rembesan obat saya dah cair blum?”, “OK confirm bisa diambil dibagian keuangan.”
Jadi confirm bisa bermakna ganda mewakili hal2 yang kadang bisa bikin
kesel atau bisa bikin senang.

MEETING
Harusnya sih RAPAT dalam EYD. Tapi mo gimana lagi? Dah bekennya begitu, kalo bilang rapat, kesannya mo ke pak RT atau pak Lurah aja.

TARUH DI MEJA SAYA
Salah satu dari sedikit kalimat berbahasa Indonesia yang dapat mewakili status si pengucapnya. Biasanya kalimat ini diucapkan oleh : Owner kepada Direktur. Direktur kepada GM. GM kepada Manager. Manager kepada Supervisor. Supervisor kepada Staff . Staff kepada OB dan terakhir OB kepada tukang bubur ayam. Kebayang kan ? Betapa susahnya kalo sang owner mo sarapan bubur?

AFTER LUNCH
Untuk menunjukan waktu yang HARUSnya jam 1 siang, tapi biasanya kalimat ini dipakai kalo janjian dengan level sesama manager atau diatasnya. Kalau masih janjian sesama staff or supervisor mah simple aja Abis makan deh atau Makan dolo bro, baru kita sambung. Note : Setinggi2nya level anda, jangan sampai bilang Makan dolo bro..ke owner.

COFFE BREAK
Kebiasaan para pegawai malas yang tidak produktif. Sering dilakukan oleh bos atau para staff. Bos punya jadwal coffe break maksimal cuma 2 kali sehari dan melakukannya di ruangan sendiri. Nah, kalau staff sering mencoba melakukan gerilya coffe break sesering mungkin di pantry, kantin atau smoking room. Dan sering panik kalau bos tiba2 memanggil. Ketika ditanya kemana, alesannya kreatif sekali. Fotokopi lah, ngejilid lah, toilet lah sampai alesan minta data dari komputer temen, gara2 YM-nya lagi trouble.

LEGALITAS
Campuran Indonesia-Inggris yang menunjukan keadaan pekerjaan yang sudah sampai ke level menengah keatas. Biasanya kata ini terucap ketika hasil atau proses produksi perusahaan tersandung sengketa. Heran, kenapa selalu kesebut kalo lagi kisruh ya? Contoh kalimat favorit “Kok bisa begitu? Legalitasnya kan sudah OK semua! Apa? Dia ngajak bawah tangan? Kuliah di mana sih tu orang?”

OVERTIME
Bahasa Indonesianya Lembur. Tapi somehow, overtime lebih keren. Soalnya kalo lembur kayak OB & Driver.

13th SALARY / BONUS
I love this sentence / word. Kalau nggak mengundang uang, seenggaknya mengundang kehebohan dalam kebersamaan. Dimana divisi2 yang tadinya bermusuhan & berseteru, tiba2 bersatu padu dalam kekompakan nan mengharu biru.

BREAKFAS/LUNCH/ DINNER MEETING
Kalau owner atau direktur yang melakukannya, terbukti efisien dan tepat guna. Kalau manager yang melakukannya terbukti menjadi alesan ulur2 jam istirahat dan pemborosan budget perusahaan, sementara hasilnya tetep gantung. Kalau perlu melebar ke shopping meeting, karaoke meeting atau outbound meeting (biasanya ke Puncak. Sukur2 Bali )

ENTERTAINMENT
Hampir sejenis dengan penjelasan diatas. Bedanya produk yang dihasilkan berupa New Project atau sekedar ucapan terima kasih. Namun buntutnya lebih panjang, apalagi menyangkut new project. Budget yang disediakan pun lebih besar. Biasanya dilakukan oleh pimpro. Jenis entertaint juga bermacam2 tergantung sifat pimpro-nya. Ada yang cuma sekedar dinner, karaoke malah sampai ke meja panti pijat plus plus di sekitar Fatmawati, Melawai atau daerah Kota & MangBes. Dengan satu tujuan mulia : Yang penting proyek jebol.

OUTING / OUTBOUND
Inisiatif management perusahaan dalam me-re-fresh karyawannya. Dengan tujuan agar lebih bugar dan kompak menghadapi masalah2 di kantor. Sementara terkadang para karyawan mendapat hasil yang jauh lebih maksimal dari pada sekedar bugar. Affair. Moment jo. Moment.

925 (NINE TO FIVE)
The International Office Hours. Bedanya, di negara maju dengan 925 bisa mencapai hasil yang maksimal, kalau di Indonesia 825 pun harus dibumbui overtime, dengan catatan gak janji beres ya.

24/7 (TWENTY FOUR SEVEN)
24 jam sehari 7 hari seminggu. Kalimat sakti para bos untuk mengintimidasi tangan kanannya, dengan diiming-imingi bonus yang masih berada di gray area (baca : Kerja rodi dulu, bonus belom tentu, tergantung jebolan proyek)

PANTRY
Seharusnya sih tempat persiapan para OB untuk bikin kopi, nyiapin sarapan dan sejenisnya. Tapi sesuai kebutuhan dan kreatifitas daya khayal karyawan, ruangan ini bisa menjadi multifungsi sebagai smoking room, gossip room, breast pump room, dan room2 bagi komunitas underground lainnya. Pokoknya dari semua ruangan, pantry adalah ruangan paling top!

OB (OFFICE BOY)
Para malaikat penyelamat. Pahlawan tanpa tanda jasa. Percayalah, bila tak ada OB , niscaya hancur seluruh kegiatan ekonomi perusahaan. Telepon boleh mati. Fax boleh rusak. Tapi kalo OB sakit? Stress menghinggapi seluruh kantor.

MESENGGER
Teman seperjuangan OB. nasibnya-nya kurleb sama dengan OB. Tapi bedanya mesangger lebih mobile karena tugasnya mengantarkan dokumen2 penting. Pekerjaan nan mulia sungguh. Walau terkadang jadi korban tangan2 karyawan jahil yang ingin menitipkan kado ke pacar yg letak kantornya (sangat amat) berjauhan.

JOBDESC
Stands for Job Description. Detail pekerjaan karyawan yang dituang dalam kontrak kerja. 80% dari JobDesc biasanya dianggap sepele dan dicuekin. Sebaliknya, apabila gaji dipotong 80% malah akan menjadi bencana & malapetaka.

TOILET
Selain tempat buang hajat n dandan, toilet bisa menjadi ruangan pemersatu umat. Dimana sekali seminggu, sebulan, setahun atau bahkan seumur hidup si kasta rendah bisa berada satu ruangan dengan si kasta agung…..

YM-an
Sejatinya, YM bisa berguna sebagai data transfer device yang sangat effisien tanpa harus melibatkan kehadiran flash disc. Namun ditangan2 orang yg tidak bertanggung jawab, alat ini berubah fungsi menjadi tempat pembicaraan kaum underground mengenai bentuk muka si bos yang aneh, ketidak puasan kebijakan management, sampai janji kencan after work antar oknum lain divisi.

SOUNDING
Istilah untuk pemberitahuan sesuatu yang harus di-up-dated kepada divisi2 yg bersangkutan. Walopun harusnya bersifat tulisan dan resmi, namun di tangan karyawan kebanyakan, sounding selalu bersifat verbal / oral Sehingga pada akhirnya yang terjadi bukan up dated yang didapat melainkan word up atau malah fist up(baca : tuduh2an / lempar2an) alamakjan !!!

CC & REPLY ALL
Istilah email yang selalu jadi bahan pembelaan nomor satu apabila proses sounding menjadi kisruh. Berdoa aja emailnya beneran nyampe, bukan maeler daemon atau lebih parah lagi masih ada di draft folder, hehehe.

MAN BEHIND THE DESK / ORANG KANTORAN
Ledekan para tenaga operasional lapangan kepada karyawan administrasi, apalagi yang berdasi. Namun karyawan adminstrasi menyikapi dengan bijak, berupa keputusan tahan gaji, memotong uang lembur atau penyulitan administrasi kasbon dan cuti. Dengan alasan cerdas yang bersifat sangat teknis nan membingungkan tentunya.

AFFAIR
Bahasa indonesianya : SELINGKUH artinya (some might says) SELingan INdah KeluarGa UtuH. Salah satu dari sangat sedikit hal yang membuat semangat datang ke kantor.

FOLLOW UP
Kegiatan yang paling enak diucapin namun paling males dilakuin.

CONCERN
Bentuknya macem2 ada Tax Concern, Managemet Concern. Salary Concern, Employees Concern Namun apapun dan bagaimanapun bentuknya, concern2an ini pasti berujung dengan meeting nan membosankan yang sangat menguras waktu dan tenaga.

KASBON
Selamat hari ini. Celaka hari esok.

REIMBURSEMENT
Kata benda yang sangat diharap2kan kehadirannya oleh karyawan. Terutama bagi karyawan yang sangat mengabdi pada perusahaan. Karena bagi lidah orang Indonesia kata ini sangat sulit dilafalkan, maka dapat disingkat menjadi rembes atau rembesan. Contoh :
“Eh cuy, rembesan gw dah keluar belom?”
“Belom nih cong, masih nyangkut di plafon”
“Dipercepat dong. Bokek nih”
“Beres. Jangan lupa traktirannya ya. Udah gw bantuin nih. Lo kan tau si bos paling lama soal begituan”
Jadi, reimbursement juga dapat menjadi semacam pungutan liar bagi bagian keuangan.

I HATE MONDAY
Terucap seminggu sekali. Biasanya di Senin pagi pukul 6. Hidup terasa berat & membosankan. Apalagi kalau pekerjaan menumpuk & jadwal meeting yg padat ada di depan mata.

MIDWEEK MADNESS
Ngambil istilah dari acara Rock MTV tahun 90-an. Saking annoyingnya gw males ngejelasinnya. Pokoknya pasti pada ngarti dah ya.

THANKS GOD IT’S FRIDAY
Hari dimana 925 sama sekali gak berlaku. Istirahat 2 jam, dengan alasan solat jumat. Padahal malah ngelayap ke Gramedia / Gunung Agung. Karyawan wanitapun gak mo kalah dengan merayakan jumat siang dengan shopping dan makan siang di ujung dunia. Kayaknya bahagiaaaaa bgt!

ANNUAL LEAVE
Saat yang lebih ditunggu2 kehadirannya. Saking kreatifnya, karyawan bisa mengatur jadwal cutinya sesuai dengan keluarnya bonus sekaligus ketika pas kejadian proyek lagi ribet2nya. Hebat!hebat!

LONG WEEKEND
Gak ada kata yg tepat untuk mendeskripsikan kalimat ini kecuali : Anugerah Yang Terindah Yang Pernah Kumiliki by Sheila on Seven.

DAUN ULAR alias Daun UBI JALAR ternyata obat DBD paling ampuh.

Obat DBD, demam berdarah dengue yang paling top dan ampuh saat ini, dan perlu dimasyarakatkan adalahDaun ULAR, alias Daun UBI JALAR. Ambil pucuk daun ubi jalar sebanyak porsi ikatan sayuran, rebus dengan seliter air selama lebih dari 5 menit [godok 1 jam juga bisa]. Minum sebagai pengganti air minum, berarti sekitar seliter sehari. Ubi jalar ya Bung, bukan daun singkong. Ubi Jalar. Makanya saya pendekin jadi DAUN ULAR, biar pade inget, karena sudah beberapa teman jadi kekenyangan makan daun singkong.

Resep ini dari mana? Dari teman di Philippine, dan sedang populer sekali disana dan beberapa kali menjadi topik seminar kesehatan disana. Untuk lebih afdolnya anda googling saja ” comote” atau “kamote”, begitu bahasa sononya, supaya ndak merasa dikadali… Jangan googling nya “daun ular”, yang keluar nanti gambar kobra ngantuk.. hehehe.

Selamat mencoba dan tolong diterusin ke tetangga dong. Ini murah meriah dan HEBAT. Effek sampingan mestinya nggak ada, karena daun ini biasa juga dibikin jadi sayur dikampung atau paling nggak dibikin menjadi makanan ternak..

 

—– Original Message —–

From: Enny Tendean

 

Dari ajang perlombaan LCEN tgl 17 – 18 Mei 2013, yang terbagi menjadi 3 kategori utama :
Mahasiswa dengan Sub-Kategori
– Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika
– Biomedik
– Elektronika dan Otomasi Industri
– Manajemen Efisiensi Energi

Pelajar dengan Sub-Kategori
– Elektronika Dasar Berbasis Mikrokontroler
– Elektronika Dasar Berbasis Non-Mikrokontroler

Umum
– Mobile Phone Application

Banyak bermunculan karya-karya kreative dan inovative yang dibuat baik oleh mahasiswa/i maupun pelajar peserta LCEN. Berikut beberapa karya yang ditampilkan pada LCEN 2013.

2013-05-17 11.25.30Rancang Bangun Solar Tracking System 2013-05-17 11.25.38Alat Penjaring & Pengangkut Sampah Otomatis 2013-05-17 11.26.02Implementasi Pelacakan GPS Waktu Nyata Menggunakan Android & Sistem Berbasis Web2013-05-17 11.26.26Pengaman Rumah Penggerak Solenoid Dengan Kode Morse2013-05-17 11.26.45Pesawat Tanpa Awak Sebagai Wahana Monitoring Bencana Alam Melalui Udara2013-05-17 11.27.20Safe Energy Room And Building School 2013-05-17 11.27.51Anti Theft Security Residential 2013-05-17 11.43.37Penghitung Hasil Produksi Secara Otomatis

2013-05-17 12.05.48Magnet Bekas Jadi Pembangkit Listrik 2013-05-17 12.13.44BOY CINTA KEBERSIHAN

2013-05-17 12.14.33Sistem Pengendali Lampu Lalu Lintas Nirkabel 2013-05-17 12.17.01Automatic Marking System 2013-05-17 12.23.51Listrik Wireless Sebagai Daya Penggerak Mobil 2013-05-17 12.24.05Charger HP Berbasis Dinamo 2013-05-17 12.30.21Termometer Suhu Pada Bayi

Berikut pemenang-pemenang tiap kategori :

2013-05-18 22.43.39 2013-05-18 22.44.03 2013-05-18 22.43.27 2013-05-18 22.43.20 2013-05-18 22.43.14 2013-05-18 22.43.08 2013-05-18 22.44.09

Lagi-lagi team Laboratorium Hardware UNAS menjadi pemenang ke-3 diajang kompetisi yang diadain oleh kampus ITS Surabaya. Masih ingat dengan IARC 2012 dimana Laboratorium Hardware sebelumnya juara ke-3 pada IARC (Industrial Automation And Robotic Competition) pada tgl 13-15 Juli 2012 di Gedung Robotika ITS yang diwakili oleh AHMAD FIRDAUSI dan PANJY PURTIASMAWAN.

IARC 2012

Tanpa rasa takut dengan kampus-kampus lainnya, kembali team Lab. Hardware UNAS hanya dengan mengirimkan 1 team saja (seperti ajang sebelumnya-IARC2012) pada ajang kompetisi LCEN (Lomba Cipta Elektroteknik Nasional) tahun ini, tgl 17-18 Mei 2013 kemaren kembali menjadi pemenang ke-3 dari para finalis yang lolos babak penjurian awal (10 Febr 2013).

Info JuaraPerlombaan LCEN 2013 ini terbagi menjadi 3 kategori utama, yaitu :

A) Mahasiswa dengan Sub-Kategori :

– Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika

– Biomedik

– Elektronika dan Otomasi Industri

– Manajemen Efisiensi Energi

B) Pelajar dengan Sub-Kategori :

– Elektronika Dasar Berbasis Mikrokontroler

– Elektronika Dasar Berbasis Non-Mikrokontroler

C) Umum : Mobile Phone Application

Team Lab. Hardware UNAS mengambil kategori umum (Mobile Phone Application) dengan karya “PERANCANGAN APLIKASI PENENTUAN POSISI KERETA API DENGAN TEKNOLOGI GPS & NOTIFIKASI SMS“.

2013-05-17 11.28.17

Momen-momen yang terekam saat perlombaan LCEN 2013 dari 17-18 Mei 2013 lalu

2013-05-15 12.28.21Sebelum Berangkat (Jakarta)

2013-05-18 08.25.23

2013-05-17 11.29.06Saat Pameran Hasil Karya di Gedung Robotika ITS (Surabaya)

2013-05-18 11.57.02Fhoto Bersama Peserta LCEN 2013

Pemecatan atau yang kita kenal dengan nama PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) merupakan suatu mimpi buruk bagi para karyawan. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi bahwa proses ini memang ada dan bisa saja terjadi pada anda. Perusahaan memiliki penilaian tersendiri terhadap karyawannya. Karyawan yang dianggap tidak produktif harus bersiap-siap untuk menerima kenyataan pahit serta mimpi buruk ini.

Perusahaan akan melalukan apa saja untuk memecat karyawan yang sudah tidak produktif tersebut. Ada beberapa macam tipe pemecatan yang harus anda ketahui, apalagi jika memang anda sudah diposisi ini.

Diberhentikan secara tidak terhormat
Tipe yang bisa dibilang cukup kasar, karena perusahaan mengetahui bahwa anda melakukan kecurangan.

You Fired!
Anda Dipecat

Biasanya anda tidak akan mendapatkan sepeser pun dari perusahaan, surat kelakukan baik pun tidak akan pernah anda dapatkan. Kemudian perusahaan akan mereferensikan kepada rekanan bisnisnya untuk tidak menerima anda (blacklist). Wah… kalau ini terjadi, bersiap-siap saja anda untuk mengganggur dalam waktu yang cukup lama.

Pemecatan Terselubung
Tipe pemecatan ini memang rada unik, perusahaan tidak langsung memberitahukan pemecatan anda, namun bisa dibilang “mengerjai” anda. Bisa saja anda dipindahkan posisinya dimana anda tidak menguasai pekerjaan itu, sehingga kinerja anda buruk, dan perusahaan memiliki alasan untuk memecat anda.

Kemudian cara lain yang biasa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan cara memberikan anda pekerjaan yang banyak sekali, sehingga anda merasa terbebani berlebihan, kemudian tidak ada pekerjaan yang selesai. Nah… kembali kemenangan ada dipihak perusahaan, dan ada siap-siap untuk “didepak” dari perusahaan.

Cara ketiga adalah pihak perusahaan tidak memberikan pekerjaan apapun kepada karyawannya yang dianggap sudah tidak produktif lagi. Sehingga karyawan merasa jenuh sendiri lalu memutuskan untuk resign. Kembali skor menjadi 3-0 untuk perusahaan karena mereka tidak harus membayar pesangon kepada karyawan tersebut.

Pemecatan secara profesional / prosedural
Nah, jenis pemecatan ini bisa dibilang sangat jarang sekali dilakukan. Biasanya anda dipanggil oleh bos anda, kemudian dia menjelaskan beberapa hal kepada anda (biasanya mengenai kinerja anda selama beberapa bulan terakhir yang cenderung menurun), dibarengi dengan surat pemutusan hubungan kerja (PHK). Pemecatan seperti ini biasanya disertai dengan pesangon yang dibayarkan (kebijakan dari perusahaan) bisa saja anda mendapatkan 1 bulan gaji, atau bahkan 3 bulan gaji. Namun lagi-lagi bukan masalah gaji, namun masalah masa depan anda yang semakin tidak jelas.

Cara lain berupa pemberian surat peringatan atau yang dikenal dengan SP. Biasanya jika karyawan mendapatkan 3x SP maka perusahaan berhak untuk memberhentikan karyawan bersangkutan tanpa harus memberikan pesangon.

Pemecatan bukanlah akhir dari segalanya, cobalah untuk introspeksi diri sendiri, temukan hobi anda yang kira-kira bisa dikembangkan. Siapa tahu anda bisa menjadi seorang freelancer sukses karena hobi anda, sehingga tidak perlu lagi bekerja dengan orang lain (Dari pracoyo raharjo).

Buka kaca mobil anda sebelum berkendara !!!*

Jika Anda mau memanaskan mesin mobil, silakan buka jendela setelah Anda masuk mobil dan jangan terburu-buru menyalakan AC. Hal ini dilakukan agar udara yg ada di dalam mobil bisa segera keluar dan tergantikan dengan udara yg lebih segar. Ternyata udara yg ada di dalam mobil (saat diparkir) mengandung Benzene/Bensol. Darimanakah Benzene ini berasal?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh UC, dashboard mobil, sofa, air freshener akan memancarkan Benzene, hal ini bisa disebabkan oleh suhu ruangan yg meninggi.
Tingkat Benzene yang dapat diterima dalam ruangan adalah 50 mg per sq ft. Sebuah mobil yg parkir di ruangan dengan jendela tertutup akan berisi 400-800 mg dari Benzene. Jika parkir di luar rumah di bawah sinar matahari
pada suhu di atas 60 derajat F, tingkat Benzene berjalan sampai 2000-4000 mg, 40 kali dengan tingkat yang dapat diterima .. Orang-orang di dalam mobil pasti akan menyedot kelebihan jumlah toksin.

*Bahaya Benzene…*
Efek singkat menghirup high level benzene dapat mengakibatkan kematian, sedangkan menghirup low level benzene dapat menyebabkan kantuk, pusing, mempercepat denyut jantung, sakit kepala, tremors, kebingungan, dan ketidaksadaran.

Long term efeknya bisa menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang dan dapat menyebabkan penurunan sel darah merah, yang mengarah ke anemia. Ia juga dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menurunkan sistem kekebalan, meningkatkan kesempatan infeksi, menyebabkan leukemia dan lainnya
yang terkait dengan kanker darah dan pra-kanker dari darah.

Benzene adalah toksin yang menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak dan dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. Saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita.

Benzene adalah racun yg berbahaya karena tubuh kita kesulitan untuk mengeluarkan jenis racun ini.

Karena itu sangat disarankan agar Anda membuka jendela dan pintu untuk memberikan waktu pada udara yg ada di dalam agar keluar sebelum Anda masuk.

Semoga bermanfaat.. .. (Dari berbagai sumber).

.: KalendeR :.
Desember 2018
S S R K J S M
« Apr    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31