Jakarta, 2013. Mahasiswa/i FTKI mencoba kembali mengukir prestasi. Masih ingat Perlombaan di ITS pada Mei lalu? Nurul Amalia Dewi dan Setia Sri Anggraeni.

2013-05-18 08.25.23

Kini kembali, tidak tanggung-tanggung seluruh Assistan Lab Perangkat Keras mengikuti PKM yang diselenggarakan oleh Dikti (Direktorat Jendral Perguruan Tinggi). Lab Perangkat Keras mengirimkan 3 Judul Proposal dalam PKM tahun ini. Yang dibimbing oleh M. Febriansyah, ST., MT. sebagai Kepala Lab Perangkat Keras. Judul-judul yang diajukan untuk PKM 2013/2014 antara lain :

  • PEMILIHAN UMUM MENGGUNAKAN ELEKTRONIK VOTING (E-VOTING)” oleh Fahri Maulana dan Nurul Amalia Dewi.
  • SISTEM REKAM MEDIS MENGGUNAKAN FINGER PRINT” oleh Setia Sri Anggraeni, Achmad Burhanuddin Zuhdi dan Boy Hermawan.
  • AIR AUTOMATIC LEVEL PENGENDALI DAN INDIKATOR CIRCUIT” oleh Satria Iskandar Siregar, Ahmad Faiz Rahman dan Muhammad Alkhadrie.

PKM

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yaitu PKM.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada awalnya, dikenal 5 (lima) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Sejak Januari 2009, DITLITABMAS mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasis¬wa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DITLITABMAS. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun dimuarakan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusi¬kan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.

One Response to “FTKI mendelegasi Asst Lab Hardware dalam PKM 2013”

  • sukses terus untuk PKM di UNAS. saya dari mahasiswi IPB yang saat ini bekerja di UNAS. dulu sempat ikut PKM dan lolos pimnas. semoga PKM di unas lolos sampe Pimnas. semangat. sukses terus.

Leave a Reply

*

.: KalendeR :.
November 2018
S S R K J S M
« Apr    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930