Pemecatan atau yang kita kenal dengan nama PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) merupakan suatu mimpi buruk bagi para karyawan. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi bahwa proses ini memang ada dan bisa saja terjadi pada anda. Perusahaan memiliki penilaian tersendiri terhadap karyawannya. Karyawan yang dianggap tidak produktif harus bersiap-siap untuk menerima kenyataan pahit serta mimpi buruk ini.

Perusahaan akan melalukan apa saja untuk memecat karyawan yang sudah tidak produktif tersebut. Ada beberapa macam tipe pemecatan yang harus anda ketahui, apalagi jika memang anda sudah diposisi ini.

Diberhentikan secara tidak terhormat
Tipe yang bisa dibilang cukup kasar, karena perusahaan mengetahui bahwa anda melakukan kecurangan.

You Fired!
Anda Dipecat

Biasanya anda tidak akan mendapatkan sepeser pun dari perusahaan, surat kelakukan baik pun tidak akan pernah anda dapatkan. Kemudian perusahaan akan mereferensikan kepada rekanan bisnisnya untuk tidak menerima anda (blacklist). Wah… kalau ini terjadi, bersiap-siap saja anda untuk mengganggur dalam waktu yang cukup lama.

Pemecatan Terselubung
Tipe pemecatan ini memang rada unik, perusahaan tidak langsung memberitahukan pemecatan anda, namun bisa dibilang “mengerjai” anda. Bisa saja anda dipindahkan posisinya dimana anda tidak menguasai pekerjaan itu, sehingga kinerja anda buruk, dan perusahaan memiliki alasan untuk memecat anda.

Kemudian cara lain yang biasa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan cara memberikan anda pekerjaan yang banyak sekali, sehingga anda merasa terbebani berlebihan, kemudian tidak ada pekerjaan yang selesai. Nah… kembali kemenangan ada dipihak perusahaan, dan ada siap-siap untuk “didepak” dari perusahaan.

Cara ketiga adalah pihak perusahaan tidak memberikan pekerjaan apapun kepada karyawannya yang dianggap sudah tidak produktif lagi. Sehingga karyawan merasa jenuh sendiri lalu memutuskan untuk resign. Kembali skor menjadi 3-0 untuk perusahaan karena mereka tidak harus membayar pesangon kepada karyawan tersebut.

Pemecatan secara profesional / prosedural
Nah, jenis pemecatan ini bisa dibilang sangat jarang sekali dilakukan. Biasanya anda dipanggil oleh bos anda, kemudian dia menjelaskan beberapa hal kepada anda (biasanya mengenai kinerja anda selama beberapa bulan terakhir yang cenderung menurun), dibarengi dengan surat pemutusan hubungan kerja (PHK). Pemecatan seperti ini biasanya disertai dengan pesangon yang dibayarkan (kebijakan dari perusahaan) bisa saja anda mendapatkan 1 bulan gaji, atau bahkan 3 bulan gaji. Namun lagi-lagi bukan masalah gaji, namun masalah masa depan anda yang semakin tidak jelas.

Cara lain berupa pemberian surat peringatan atau yang dikenal dengan SP. Biasanya jika karyawan mendapatkan 3x SP maka perusahaan berhak untuk memberhentikan karyawan bersangkutan tanpa harus memberikan pesangon.

Pemecatan bukanlah akhir dari segalanya, cobalah untuk introspeksi diri sendiri, temukan hobi anda yang kira-kira bisa dikembangkan. Siapa tahu anda bisa menjadi seorang freelancer sukses karena hobi anda, sehingga tidak perlu lagi bekerja dengan orang lain (Dari pracoyo raharjo).

Leave a Reply

*

.: KalendeR :.
November 2018
S S R K J S M
« Apr    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930